26 Juli 2019 10:54 wib
  • informasi,uin-su

Ikut berpartisipasi pada Konferensi Internasional merupakan impian banyak orang. Selain karena dapat bertukar ide dan gagasan dengan negara-negara lain, Konferensi Internasional juga menyediakan fasilitas untuk berkontribusi lebih dalam menyahuti perkembangan ilmu pengetahuan secara global. Kali ini kesempatan itu diperoleh dosen-dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan, yang mengikuti The 4Th International Conference On Applied Science And Health di Mahidol University, Salaya, Nakhon pathom, Thailand pada 23-24 Juli 2019  yang lalu.

Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN-SU menyumbangkan 4 (empat) judul penelitian yang dilakukan oleh Izza Dienillah Saragih, SKM, M. Kes, Dr. Tri Niswati Utami, M. Kes dan Fitriani Pramita Ginting, SKM, M. Kes, dengan judul penelitian “Prevalance of Skin Deases in Coastal Area Of Teluk Nibung North Sumatera.”. Fauziah Nasution, M. Psi, Putra Apriadi Siregar, SKM, M. Kes, Dr. Azhari Akmal Tarigan, M. Ag dan Dr. Watni Marpaung, MA dengan judul penelitian “Perception Of Pictoral Health Warning On Cigarette Packs, Smoking Behavior And Want To Quit Smoking Of State Islamic University Of North Sumatera Students, Indonesia.”. Penelitian lainnya dalam bentuk poster dilakukan oleh Eliska, SKM, M. Kes, Dr. Nurhayati, M. Ag, Petty Siti Fatimah, SKM, M. Kes dengan judul penelitian Coastal Nutrition Status of The Country Reviewed From Social Culture And Islamic Perspective.”. Zuhrina Aidha, S. Kep, M. Kes, Reni Agustina Harahap, M .Kes dan Delfriana Ayu, M. Kes dengan judul penelitian “Characteristics of Hypertension Patient In Coastal District Percut Sei Tuan.”

Kegiatan ini diadakan oleh Indonesian Scholars Allianz (INSCHOOL) dengan co-hosts dari berbagai perguruan tinggi kesehatan di Indonesia baik negeri maupun swasta seperti Poltekkes Kemenkes Semarang, Fakultas Kesehatan Universitas Swadaya Gunung Jati, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dan kali ini Mahidol University sebagai tuan rumah. Adapun tujuan akhir kegiatan ini adalah meremomendasikan strategi perencanaan pertumbuhan dan perkembangan masa depan negara-negara di Asia kepada pemerintah dan pembuat kebijakan. Pada Konferensi ICASH ke-5 Tahun 2021, FKM UIN-SU menargetkan menjadi salah satu Co-Hosts dengan membawa mahasiswa tingkat akhir dalam rangka memberikan pengalaman belajar lapangan di negara lain serta membantu agar karya tulis/ penelitian mahasiswa dapat dibawa ke kancah internasional. []