Perangkat Rektor Langsungkan Evaluasi Kinerja Pimpinan, Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Pengelola FKM UINSu Medan

Medan, 16 Januari 2024-Pimpinan beserta staf akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN SU) mengikuti Bimbingan dan Arahan serta Evaluasi Kinerja Universitas tahun 2025 dengan tujuan memperkuat kualitas akademik dan program capaian Universitas. 

Acara tersebut diadakan pada Kamis, 16 Januari 2025, di Meeting Room FKM UIN SU, Jalan Lapangan Golf, Desa Durian Jangak, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. 

Kegiatan berfokus pada evaluasi dan implementasi program di tahun sebelumnya sekaligus menyusun kerangka program  ke depannya, guna merealisasikan komitmen tiap Fakultas dalam menghadirkan pendidikan tinggi yang berkualitas, kompetitif dan unggul.

Dalam kunjungannya Wakil Rektor IV Prof. Dr.H. Muzakkir, MA, beserta Wakil Rektor III Prof Dr H Katimin, MAg mengingatkan sekaligus  menekankan pentingnya penerapan tata kelola menajemen yang berbasis pada penguasaan data dan informasi serta pemahaman struktur organisasi yang efisien dalam kegiatan keseharian. 

“Kegiatan ini bertujuan guna mengukur sekaligus mengevaluasi atas capaian yang sudah diraih tingkat Universitas, bekerja sesuai regulasi dan aturan, seluruh perjalanan dinas di rencanakan secara baik dan berkoordinasi dengan pimpinan (Rektor) dan kelengkapan data ini penting, sehingga UIN SU mendapatkan predikat unggul, prinsip BSL yaitu Benar, Sesuai dan Lengkap”ujar Prof Muzakir.

Wakil Rektor IV mengapresiasi kinerja dan soliditas internal FKM, sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi mahasiswa, termasuk tertib dalam menyiapkan laporan adminstratif.

“Soliditas di internal FKM mampu menghadirkan suasana belajar yang nyaman bagi mahasiswa, tingkat disiplin para dosen cukup tinggi, termasuk kegiatan upacara rutin setiap minggunya dilakukan, jadi pertahankan terus tradisi baiknya dan tegline FKM Bersyukur sungguh luar biasa maknanya,”ujar Prof Muzakir.

Wakil Rektor III Prof Dr H Katimin, MAg menambahkan bahwa dalam bekerja kedepankan 3 S, terdiri Serius, Santai dan Selesai.

“Dalam bekerja, setidaknya kita terapkan 3 S yaitu Serius, Santai dan Selesai. Serius seluruh pekerjaan harus dikerjakan secara serius sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pendataan, Santai itu juga penting, agar tidak stres karena beban kerja yang tinggi, makanya perlu rileks dan terakhir Selesai, ini poin penting dari seluruh proses pekerjaan yang kita lakukan secara rutin,”ujar Prof Katimin.

Sementara itu Dekan FKM UIN SU Prof Dr Mesiono, MPd dalam sambutannya berharap, hasil evaluasi yang disampaikan pimpinan Rektorat UIN SU harus disikapi secara baik, sehingga FKM berkontribusi bagi percepatan kemajuan Universitas ke arah yang lebih baik.

“Kita berharap apa yang disampaikan dan diingatkan pimpinan Rektorat menjadi energi positif bagi insan akademik FKM UIN SU untuk terus berpacu meningkatkan kualitas di Fakultas, jadikan bahan evaluasi ini sebagai motivasi untuk kita bekerja lebih baik lagi, semoga kedepannya FKM meraih predikat akademik lebih baik dari yang kita capai saat ini,”ujar Prof Mesi (sapaan akrabnya).

Hal lainnya juga disampaikan Wakil Dekan I kepada pimpinan Universitas yang hadir, terutama persoalan terbatasnya ruang kelas bagi mahasiswa, mengingat gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) yang selama ini dijadikan kelas ‘tambahan’ bagi mahasiswa FKM, namun saat ini ruang kelas tersebut sudah ditempati mahasiswa FEBI, sehingga pihak Fakultas sedang berupaya mencari solusi atas terbatasnya ruang kelas yang ada.

“Kami berharap, setidaknya guna mengisi kekuarangan ruang kelas bagi mahasiswa FKM, maka kami usulkan jika space kosong di atas gedung FKM dimanfaatkan menjadi ruang kelas, sehingga kekurangan ruang kelas dapat teratasi,”ujar Dr Hasrat Samosir dalam dialog bersama pimpinan Universitas.

Hadir dalam rapat kerja evaluasi tim Rektorat di Fakultas Kesehatan Masyarakat diantaranya Wakil Rektor III UIN SU Prof Dr H. Katimin, MAg, Wakil Dekan I Dr H Hasrat Samosir, MA, Wakil Dekan II Dr Ainal Hasri Ritonga, MA, Wakil Dekan III Dr Irwansyah, MH, para Ketua dan Sekretaris Prodi, Kepala Laboratorium, dosen dan para staf tenaga Kependidikan di lingkungan UIN SU. (AS)