22 Maret 2017 20:30 wib

Hari Air Sedunia  (World Water Day)  merupakan hari perayaan yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat sedunia (internasional) akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan dan juga mempersiapkan kita untuk mengatur ketersediaan air di masa depan. Peringatan hari air dunia memberikan kesempatan kepada kita untuk mengetahui isu-isu yang berhubungan dengan air, sehingga menginspirasi kita melakukan aksi - aksi untuk membuat perbaikan dalam pengelolaan sumber daya air dalam kehidupan kita sehari – hari. 

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UIN SU menyelenggarakan orasi mahasiswa FKM UINSU yang menyuarakan dan mengajak masyarakat kampus kebanggaan UIN SU untuk pengelolaan air yang baik dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan kampus. Kegiatan orasi mahasiswa dilaksanakan dengan titik kumpul di gedung FKM UINSU kemudian mahasiswa dan didampingi Wakil Dekan I (Dr. Nefi Damayanti, M.Psi), Wakil Dekan II (Dr. Nurhayati, MA), Ketua Prodi (Fauziah Nasution, M.Psi), Sekretaris Prodi (Eliska, SKM, M.Kes), KTU (Makmun S) dan para Dosen dengan melakukan long mark di sepanjang jalan dari gedung FKM ke Gedung Biro Rektor. Puncak acara  dilakukan di lapangan depan Biro Rektor mahasiswa melakukan orasi, monolog dan yel-yel dari setiap kelas dengan menyuarai tentang air, kegiatan tersebut disaksikan oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd dan staff.

Dalam memperingati hari air sedunia, kita sebagai negeri yang memiliki kekayaan sumberdaya alam harus dapat mengatur pemakaian air untuk  setiap pemakaian agar tidak terjadi pemakaian yang berlebihan. Air sangat diperlukan oleh semua orang. Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia, air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.  

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengajak dn memberikan himbauan kepada masyarakat UINSU agar dapat melakukan pengelolaan air dengan baik, seperti menghemat pemakaian air dan menjaga kebersihan sumber air karna masalah krisis air adalah masalah bagi negara lain.