09 Februari 2021 18:39 wib
  • pendidikan,uin-su

Permasalahan penting yang sering terjadi pada masa pendemi Covid-19 ini adalah tentang tidak teraturnya pola hidup sehat seiring dengan rutinitas yang banyak dihabiskan di dalam rumah. Mahasiswa Peminatan PKIP (Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku) FKM UIN-SU merespon permasalahan ini dengan melaksanakan Webinar Kesehatan Nasional yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 29-30 Januari 2021 dan dibagi dalam empat sesi dengan jumlah peserta 496 orang peserta.

Pada hari pertama sesi pertama, mengangkat materi Pencegahan Perilaku Merokok dikalangan Remaja ; Tantangan dan Hambatan. Pada sesi ini hari sebagai pembicara Dr. Drs. R. Kintoko Rochadi, MKM, dosen Komunikasi Kesehatan dan Kesehatan Sosial FKM USU bersama Putra Apriadi Siregar, SKM, M.Kes, dosen FKM UIN-SU. Sesi kedua dengan materi Fenomena Baby Boom dan Tantangan Kependudukan dengan pemateri Muhammad Ancha Sitorus, S.pd, MSP, Peneliti Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara dan pemateri II dr. Iman Surya, M. Kes, Kabid KB Dinas P2KB Medan.

Pada hari kedua sesi pertama, dengan materi  Menjaga Gaya Hidup Sehat Pemuda Milenial dotengah Badai Pandemi Covid-19. Adapun yang menjadi pembicara adalah Mikail Ramadhan Hermadyan Dewadaru, Sekretaris Jenderal ISMKMI dan Rika Arnanda, Mahasiswa PKIP FKM  UIN-SU. Sesi kedua, dengan materi Perilaku Masyarakat dalam Menjalankan Protokol Kesehatan di Masa Covid-19). Hadir sebagai pembicara Taufan Asrisya Ode, SKM, M. Kes, Dosen PKIP FKM UNEJ dan Radiva Dwika Nurfadilla, mahasiswa PKIP FKM UIN-SU.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan semua peserta yang mengikuti webinar peminatan PKIP FKM UIINSU bisa Willingnes (Mau) dan Ability (Mampu) dalam menerapkan gaya hidup yang baik dalam segi kesehatan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menjalankan pola hidiup yang sehat meskipun semua orang mengalami situasi  yang berbeda dalam keadaan pandemic ini. Dan juga diharapkan semua peserta dapat menginformasikan dan memberikan edukasi kepada keluarganya ada orang-orang disekitarnya dan juga pada khalyak banyak dalam menerapkan gaya jidup sehat semasa pandemic covid 19 sesuai dengan materi-materi yang sudah disampaikan. Hal ini juga diharapakan sebagai salah satu gerakan promosi kesehatan.