14 Februari 2021 09:08 wib
  • pendidikan,teknologi,uin-su

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat peminatan Epidemiologi mengadakan sharing session dengan tema “Using Epidemiological Skill in 4.0 Era,” Jumat (12/2). Acara ber-SKP PAEI (Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia) ini diselenggarakan secara gratis. Pada awalnya acara ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi tugas mahasiswa peminatan Epidemiologi pada mata kuliah Isu Terkini Epidemiologi yang diampu oleh Ibu Izzah Dienillah Saragih, SKM, M.Epid dengan sasaran mahasiswa dan mahasiswi yang menduduki  semester awal agar tertarik untuk memasuki peminatan epidemiologi. Namun panitia tidak menyangka peserta webinar yang mendaftar menjadi sangat beragam dari berbagai kampus dan instansi pekerjaan lainnya. Jumlah peserta yang mendaftar pada acara ini mencapai 1054 orang, dan peserta yang hadir sebanyak 891 orang melalui zoom meeting dan live streaming Youtube. Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKM UIN SU yang diwakili oleh Wakil Dekan I FKM UIN SU, Bapak Dr. Muhammad Furqan, M.Comp.Sc.

Acara ini melibatkan tiga pemateri yang memberikan wawasan dan pengetahuannya di bidang Epidemiologi dengan sangat menarik, pemateri pertama yaitu Kak Dinda Asa Ayu Khaliza, S.K.M yang merupakan alumni pertama dari fakultas kesehatan masyarakat yang saat ini bekerja sebagai Tracer Covid-19 di daerah Pematang Siantar. Beliau membawakan materi mengenai peluang, tantangan dan peran epidemiologi pada masa pandemi. Pemateri kedua yaitu Bapak Asrul Hamonangan Pasaribu, SKM, M.Epid yang merupakan Juru Bicara Satgas Covid-19 di daerah Padang Lawas membawakan materi mengenai tugas dan fungsi epidemiologi di era 4.0 dan pemateri terakhir yaitu Bapak Andika Wirawan, SKM, M.Epid yang merupakan Direktur Program di Rekan Sehat Indonesia sekaligus juga Founder Komunitas Epidemiolog ID yang membawakan materi tentang kiprah epidemiologi kesehatan pada NGO  dalam menghadapi tantangan di era industry 4.0.

Zulfikar Abdul Aziz selaku ketua panitia pada webinar ini mengungkapkan bahwa webinar ini sangat di luar ekspektasinya. "Alhamdulillah, webinar ini berjalan lancar dan sukses, melebihi ekspektasi adalah kata yang tepat untuk menggambarkan webinar ini. Sejak awal tidak ada target untuk jumlah peserta, namun ternyata banyak mahasiswa kesehatan masyarakat dan mahasiswa dari jurusan lain. Peserta juga tidak terbatas di mahasiswa fkm uinsu, namun beberapa berasal dari universitas di luar sumatera seperti UGM, Unhas, Unsri bahkan beberapa peserta merupakan satgas covid di wilayahnya," katanya.

"Diharapkan melalui webinar ini, dapat memberikan insight kepada teman-teman mahasiswa kesehatan atau tenaga kesehatan tentang apa dan bagaimana memaksimalkan dan menggunakan kemampuan epidemiologi di masa industri 4.0 yang dihadapkan dengan masalah pandemi yang sampai saat ini belum selesai," tambahnya.

Sharing session ini dapat disaksikan ulang oleh khayalak umum di akun Youtube Webinar Epidemiologi 2021https://www.youtube.com/watch?v=JWERu3gJnSE Atau bisa juga kunjungi akun Youtube Epidemiologi FKM UIN SUhttps://www.youtube.com/channel/UCz3Oa5i03QFeqiQN_XRRySA