01 Maret 2021 09:31 wib
  • uin-su

Mahasiswa dan Mahasiswi Semester 7 dari Peminatan Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, UIN Sumatera Utara menjadi salah satu oral presentation konferensi internasional yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Al-Insyirah Pekanbaru. Konferensi dengan nama 2nd AISCH (Al Insyirah International Scientific Conference on Health menggelar konferensi pada tahun ini untuk yang ke 2 kalinya dengan tema Elaboration and Collaboration in Efforts to Improve the Quality of Human Life during the Pandemic Period yang diakadan pada tanggal 26-27 Februari 2021 melalui via zoom meeting.

Mereka adalah Saidah Fatimah Sari Simanjuntak dan Zulfikar Abdul Aziz yang berhasil selected menjadi oral dalam konferensi internasional ini. Paper yang dibawakan oleh mahasiswa ini merupakan output dari salah satu pembelajaran matakuliah selama di Peminatan Epidemiologi. Saidah Fatimah sebagai ketua kelompok dengan anggotanya (Bebby Alfiera, Apriliani, Rani Elviyanti, dan Nur Fadhilah Hasanah) membawa paper dari mata kuliah Epidemiologi Zoonosis yang dibimbing langsung oleh ibu Zata Ismahh, SKM, M.KM dan Zulfikar Abdul Aziz sebagai ketua kelompok dengan anggotanya (Fauziah ramadhani, Ridha Roihan, Dini Pratiwi, Nur Fadhilah, Eka Githa, dan Fikri R. Saragih) membawa paper dari mata kuliah Metode Survey Cepat yang dibimbing langsung oleh Zata Ismahh, SKM, M.KM dan dr. Nofi Susanti.

Saidah sebagai oral dalam konferensi ini mempunyai kesan selama mengikuti kegiatan ini ?Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena selain bisa menambah banyak pengetahuan dan ilmu dari presenter2 nasional bahkan internasional, saya juga bisa melatih kemampuan berbahasa inggris. Yang biasanya kita menjelaskan menggunakan bahasa indonesia, nah melalui  international conference ini kita bisa melatih dan meningkatkan skill bahasa inggris. Semoga kegiatan konferensi internasional seperti ini bisa dilaksanakan juga oleh FKM UINSU?. Begitupun Aziz juga berharap kepada teman-teman untuk bisa mengikuti kegiatan ini di lain kesempatan ?Ini adalah pertama kali saya mengikuti international confrence sebagai presenter dan pertama kali presentasi menggunakan 100% bahasa inggris, pengalaman yang bermanfaat untuk saya. Semoga bisa memotivasi teman-teman yang lain untuk melakukan sesuatu yang mungkin ditakutkan?.