13 April 2021 12:38 wib
  • beasiswa,uin-su

Organisasi Intra Kampus Dewan Eksekutif Mahasiswa dan Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan melakukan regenerasi dengan melakukan Pemilihan Ketua Umum pada Kamis 08/04. Proses persidangan dilakukan secara Langsung dan Daring dari Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) secara resmi menetapkan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (Dema-F) dan Senat Mahasiswa Fakultas (Sema-F) terpilih periode 2021-2022. Adapun Ketua Dema-F terpilih ialah Muhammad Ghalib Rivaldy Rambe, serta Mangun Angkat sebagai Ketua Sema-F terpilih. 

Ketua KPU FKM Arafat Almen Azri menyebutkan bahwa sebanyak kurang lebih 40 orang menghadiri kegiatan ini. “Untuk partisipannya sendiri kurang lebih sebanyak 40 orang, itu dari panitia ada 14 orang, dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) ada 20 orang, dan tamu undangan yang berhadir kurang lebih enam orang sudah termasuk pengurus, Bapak wakil dekan dan pengurus demisioner Sema-F dan Dema-F,” paparnya.

Arafat juga menerangkan pemilihan ini dilakukan secara aklamasi karena hanya ada calon tunggal untuk setiap Organisasi Mahasiswa (Ormawa). “ Untuk mekanisme pemilihan ketua Sema-F dan Dema-Fnya sendiri, pendaftarannya sudah dibuka selama enam hari, tetapi yang mendaftar hanya satu orang disetiap Ormawa (Sema-F dan Dema-F). Jadi, ini termasuk menang secara aklamasi dan kami tentu tidak membuat google formnya,” terangnya. 

Namun, Arafat menyayangkan kegiatan ini tidak dilangsungkan secara luring. “Sebetulnya kami dari pihak KPU sendiri itu mengharapkannya melakukan pemilihan secara luring gitu, dan semua dapat berhadir di tempat. Hanya saja, melihat kondisi juga karena lagi ada pandemi, jadi memutuskan untuk melakukan pemilihannya secara daring,” 

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan III FKM UIN Sumatera Utara Medan, Dr. Salamuddin, MA yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan ini merupakan pendidikan demokrasi di dunia kampus. "Saya menyambut baik kegiatan ini, karena ini merupakan pendidikan demokrasi di dunia kampus, sehingga setiap proses harus dilakukan secara terbuka dan trasparan. Sehingga hasil yang kita harapkan ialah terpilihnya regenerasi yang mampu sejalan dengan program, serta visi dan misi fakultas.'" tutupnya.