13 April 2021 12:41 wib
  • uin-su

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN Sumut) menggelar kuliah umum dengan tema ‘Pola diet sehat dalam mendukung prestasi belajar’ secara virtual dengan aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara streaming dengan Youtube dari hotel Condotel Medan, Senin (12/4). Stadium general tersebut menghadirkan narasumber Prof Madya Dr Roslee Rajikan dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

Dekan FKM UIN Sumut, Prof Dr Syafaruddin, MPd dalam sambutannya menyampaikan, kuliah umum ini merupakan program rutin sekaligus upaya untuk mewujudkan visi misi fakultas terkait peningkatan kualitas pembejaran mahasiswa dan mutu akademik. Stadium general ini pula dimaksudkan sebagai wahana meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta membangun sikap ilmiah terutama dalam memahamkan wawasan kesehatan masyarakat.

“Ini momentum yang penting untuk memperluas wawasan dan ilmu kesehatan masyarakat (kesmas). Kali ini mengangkat pembahasan soal diet yang sedang tren di kalangan milenial. Bahwa pola diet mempunyai pengaruh dalam mendukung prestasi belajar mahasiswa,” ujarnya.

Dipaparkannya, diet yang dijalankan manusia didasari berbagai motif di antara untuk mencapai kesehatan dan keseimbangan untuk penampilan yang baik. Dengan pola diet yang baik, untuk mencapai keseimbangan antara kesehatan dan penampilan, maka materi ini menarik untuk diulas. Melihat, pola diet tertentu juga untuk meraih kebutuhan tertentu misal untuk profesi dan lain sebagainya.

Diet menjadi menarik bila dikaitkan dengan puasa Ramadan yang akan dijalani umat muslim tahun ini. Disampaikan Prof Syafar, pola konsumsi khususnya saat Ramadan bisa dijadikan landasan untuk menjalankan pola hidup sehat, yang akhirnya menghasilkan kondisi fisik prima dan bisa serta sejalan untuk meraih prestasi akademik yang optimal. Karena diet terkait dengan asupan gizi dan nutrisi yang membentuk kesehatan, berpengaruh terhadap lingkungan dan tentu akan berpengaruh pada prestasi belajar.

Narasumber Prof Madya Dr Roslee Rajikan dari Fakultas Sains Kesehatan Universitas Kebangsaan Malaysia Kampus Kuala Lumpur dalam materinya menjelaskan pentingnya pola diet yang sehat untuk mendukung proses akademik mahasiswa. Ketua program dietatik dari fakultas tersebut dalam paparannya juga mengenalkan sekilas kampus nasional Malaysia tersebut. 

Ia menjelaskan, beberapa aspek yang menjadi lingkup pembahasannya terkait pola diet sehat. Di antaranya terkait dengan kecemerlangan dan keberkahan makanan, Pengenalan makanan, konsep makanan halal, kaidah makan yang benar, konsep makanan seimbang, makanan untuk akal atau otak, keamanan makanan dan konsep makanan saat bulan puasa Ramadan. Menarik dalam pembahasan makanan yang baik untuk otak, dalam sebuah penelitian yang ia paparkan, disimpulkan ternyata memakan makanan cepat saji atau fast food atau junk food berpengaruh kepada tingkat kecemerlangan atau prestasi akademik pelajar.

Artinya, mahasiswa atau pelajar yang terlalu sering mengkonsumsi fast food mempunyai kecenderungan prestasi akademiknya menurun signifikan. Berbanding terbalik dengan pelajar yang jarang mengkonsumsi makanan cepat saji ternyata menurut penelitian tersebut memiliki kecenderungan prestasi akademik dan belajarnya lebih baik. Terkait makanan sehat, Prof Roslee menegaskan, makanan sehat tidak mesti makanan mahal. “Makanan yang sehat tidak perlu yang mahal,” pungkasnya.

Kuliah umum ini diikuti para mahasiswa FKM UIN Sumut secara luring dan daring. Turut berhadir, Wakil Dekan I Dr. Mhd Furqon, M.Sc, Wakil Dekan II Dr. Watni Marpaung, MA, Wakil Dekan III Dr. Salamuddin, MA, sejumlah pejabat FKM UIN Sumut dan segenap dosen dan civitas fakultas tersebut.