Ejawantahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen FKM UINSU Medan Langsungkan Pengabdian Internasional di Thamavitya Mulniti School Thailand Selatan

Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat FKM UINSU Fitriani Pramita Gurning, SKM, M.Kes berkolaborasi dengan Dosen Prodi Bimbingan Konseling FITK UINSU Fauziah Nasution, M.Psi, melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat yang dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Pertama di Thamavitya School Thailand Selatan yang dilakukan pada tanggal 16-17 Oktober 2024. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan yaitu memberikan edukasi bahwa gizi yang baik pada saat remaja dapat dilakukan dengan membiasakan diri dalam melaksanakan serapan sehat dengan memenuhi konsep gizi seimbang. Sarapan sehat dengan memenuhi konsep gizi seimbang memiliki besar manfaat pada remaja yaitu antara lain dapat menghindari rasa lapar, meningkatkan focus dalam belajar, meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, menjaga keseimbangan berat badan dan dapat meningkatkan fungsi kognitif serta daya ingat pada anak remaja.

Metode yang dilakukan pada saat pengabdian masyarakat dengan menggunakan Numbered Head Together (NTH), dimana lima orang siswa dilatih sebagai peer leader untuk dapat memberikan edukasi dengan teman-teman atau peserta lainnya, dengan menggunakan media komik bergambar dan video edukasi.

Berdasarkan hasil pengamatan tim pengabdian masyarakat lakukan bahwa 40% siswa atau peserta penagbdian tidak sarapan dirumah, 30% sarapan hanya minum susu, 10% sarapan dengan mie kari (Curry Noodle), 10% Roti Cane (Rotee Canay) dan selebihnya sarapan dengan menggunakan nasi, ikan, sayur dan susu.

Seluruh siswa peserta pengabdian sangat antusias dalam mengikuti pengabdian yang dilakukan dalam membaca komik dan video edukasi, dengan dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah yaitu yayasan, kepala sekolah, serta seluruh guru di sekolah Tamavitya School Thailand. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan serta perubahan perilaku untuk pentingnya sarapan pagi dengan gizi seimbang sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.