UIN Sumatera Utara Medan Luncurkan Layanan Helpdesk Mahasiswa Terintegrasi Berbasis WhatsApp

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Sobat, semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

UIN Sumatera Utara Medan saat ini telah memiliki layanan Helpdesk Mahasiswa Terintegrasi yaitu jenis layanan Helpdesk berbasis media sosial WhatsApp yang terintegrasi dengan aplikasi internal di lingkungan UIN Sumatera Utara Medan.

Apa saja Fiturnya:
[1] Bantuan SI-MABA adalah layanan tanya jawab (FAQ) seputar teknis pengisian portofolio, kendala dan solusi bagi Calon Mahasiswa Baru di aplikasi SI-MABA.

[2] Status UKT/Registrasi adalah layanan yang dapat digunakan oleh Mahasiswa dan Orang Tua untuk melihat history status pembayaran Registrasi/Heregistrasi UKT atau SPP setiap Semesternya.

[3] Daftar Hasil Studi (IP) adalah fitur yang dapat digunakan bagi Mahasiswa dan Orang Tua untuk melihat daftar Nilai Indeks Prestasi (IP) Mahasiswa setiap Semester.

[4] Transkrip Perkuliahan adalah layanan yang digunakan oleh Mahasiswa dan Orang Tua untuk melihat Transkrip Akademik seluruh matakuliah yang telah diampu oleh seorang Mahasiswa.

[5] Presensi Perkuliahan, adalah fitur monitoring bagi Mahasiswa dan Orang Tua untuk melihat rekapitulasi status presensi kelas untuk seluruh matakuliah yang diambil oleh seorang Mahasiswa pada semester Berjalan.

[6] Daftar Tagihan Aktif, adalah layanan yang dapat digunakan bagi mahasiswa untuk melihat tagihan apa saja yang aktif beserta nominalnya sebelum melakukan pembayaran tagihan tersebut di Bank. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa suatu tagihan sudah Live di Bank sebelum hadir dan mengantri di Teller BANK.

[7] Ubah Password Portal adalah layanan yang memungkinan mahasiswa untuk me-reset atau mengganti secara mandiri Password akun PortalSIA jika yang bersangkutan lupa passwordnya. Demi keamanan akun maka layanan ini membutuhkan beberapa verifikasi data sebelum proses Reset Password.

[8] Status Eligibilitas & PIN digunakan bagi mahasiswa yang akan melakukan Munaqasyah untuk mengecek secara mendiri Status Eligibilitasnya di PIN Kemdikbud sebagai prasyarat untuk Munaqasyah. Layanan ini juga dapat digunakan oleh Calon Wisudawan untuk melihat apakah status PIN Ijazahnya sudah di Reservasi atau dipasangkan.

[9] Tanya Helpdesk adalah layanan yang berguna bagi Mahasiswa untuk mendapatkan solusi terkait permasalah dan kendala-kendala teknis saat menggunakan aplikasi-aplikasi di lingkungan internal UIN Sumatera Utara seperti PortalSIA, SI-DAHLIA, SI-PUSAKA, SI-SELMA, SI-LIANA dsb.

[10] Jadwal Sholat adalah fitur yang akan memberikan jadwal sholat 5 Waktu untuk wilayah Medan dan sekitarnya.

[11] Prakiraan Cuaca adalah layanan yang akan memberikan data cuaca hari ini dan prakiraan cuaca untuk esok hari secara realtime khusus untuk wilayah Medan dan Sekitarnya.

[12] Ubah Registrasi WA adalah layanan yang memungkinkan Mahasiswa untuk mengganti ataupun meng-update data yang salah seperti NIM dan Nama saat Registrasi Awal.

[13] Tanya AI (Artificial Intelligence) adalah fitur yang memungkinkan Mahasiswa untuk melakukan Tanya Jawab dengan Agent Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) sehingga dapat secara unik memberikan jawaban apapun dari pertanyaan mereka walaupun tingkat akurasi kebenaran jawaban masih bersifat relatif.

Cara Registrasi :
1- Kirim Pesan ke nomor 0851-8686-5141 Ketik “Halo UINSU” (pesan pertama sebenarnya bebas)
2- Ikuti panduan dari pesan yang muncul berikutnya saat Proses Registrasi.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan dibaca saja Manual Aplikasinya. Jangan lupa segera Registrasi ya, dan Mohon Broadcast Pesan ini ke seluruh group-group kelas Mahasiswa Prodi masing-masing.

Tetap sehat dan semangat
Wassalamualaikum

PUSTIPADA UINSU